Tanda-Tanda Wanita Sedang Dalam Masa Subur

Published 28/05/2013 by audiracrystalx

Masa subur wanita atau Ovulasi memegang peranan penting. seperti pada status status sebelumnya seputar tips agar cepat hamil, banyak saran yang diberikan seputar berhubungan di masa subur. nah seperti apa sih tanda tandanya jika wanita sedang berada dalam masa subur??

Dibawah ini adalah 10 tanda-tanda yang dapat dijadikan parameter ketika seorang wanita hampir berovulasi atau sudah berovulasi.

1. Perubahan cairan serviks [leher rahim].

“seorang wanita yang mendekati masa ovulasi,akan terjadi perubahan dari kepekatan dari cairan serviks.saat wanita sedang tidak subur [tidak berovulasi] maka cairannya lebih pekat atau bisa juga tidak ada sama sekali cairannya.sedangkan saat wanita mendekati masa subur [ovulasi] maka cairannya akan berwarna lebih jernih,cair,jernih dan kenyal seperti putih telur.sehingga hal ini akan mempermudah sperma untuk berenang menuju indung telur.

2. Sangat bergairah.

“kebanyakan wanita akan merasa lebih bergairah untuk melakukan hubungan intim pada saat sedang berovulasi [subur].

3. Perubahan temperatur tubuh.

“Pada saat menjelang subur [ovulasi],suhu tubuh akan naik dari suhu normal sekitar 0,2 derajat celcius atau sedikit lebih dari itu.

4. Perubahan posisi serviks [leher rahim].

“posisi serviks mengalami sedikit perubahan menjelang ovulasi.area tersebut melembut dan terbuka saat wanita sedang subur [ovulasi],sehingga memudahkan sperma untuk berenang dan bertemu sel telur dituba fallopi [saluran telur].

Untuk mengecek posisinya,selipkan jari yang sudah dibersihkan dulu ke dalam lubang vagina dengan arah lurus,jika tidak sedang masa subur maka seorang wanita bisa menyentuh atau merasakan ujung serviks tersebut.namun jika dalam masa subur maka serviks posisinya akan lebih tinggi dan sulit dijangkau.

5. Payudara melunak.

4. masa subur wanita Tubuh seorang wanita akan memberlakukan masa subur seperti sedang bersiap untuk kehamilan,jadi hormon kehamilan menumpuk dimasa ini,karena itu pada saat masa subur,payudara akan terasa sedikit melunak.

6. Hitung mundur.

“menghitung hari dalam siklus haid merupakan cara termudah untuk memperkirakan masa subur [ovulasi],jika seorang wanita bisa melakukan metode ini,maka akan lebih mudah menentukan masa suburnya,sehingga bisa melakukan hubungan intim tepat pada saat lagi subur.tapi kalau siklus haidnya tidak teratur maka metode ini bisa jadi tidak cocok.

7. Sakit,kram dan flek.

“sekitar 20 % wanita akan mengalami m

ittelschmerz [sakit dan flek],yaitu ketika telur keluar dari folikelnya dan menyebabkan kram disalah satu bagian bawah perut.dan kadang akan melihat juga warna kemerahan dicairan serviks yang menempel pada celana dalam.

8. Kembung.

“jika seorang wanita merasa sulit untuk mengancingkan celananya,padahal tidak sedang hamil atau mengalami kenaikan berat badan karena banyak makan,maka bisa jadi itu adalah tanda sedang subur.ini terjadi akibat pada saat subur tubuh menyimpan retensi air.

9. Peningkatan fungsi panca indra dan energi.

“banyak wanita terjadi peningkatan fungsi penglihatan,penciuman dan perasa pada masa subur dan juga peningkatan energi menjelang masa subur.

10. Hasil positif pada alat tes kesuburan [ovulasi].

“alat tes kesuburan ada beberapa macam dilihat dari cara penggunaannya,ada dengan cara mengetes air liurnya dan ada yang melalui urine [air kencing].

Dengan alat tes kesuburan ini,para wanita bisa mengetahui apakah sedang subur atau tidak sedang subur.

Ada yang ingin menambahkan?

About these ads
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 242 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: